Kamis, 09 Desember 2010

Sekilas tentang Klurak Baru


Klurak baru adalah suatu dusun yang letaknya di sebelah timur kota jogja, bisa dikatakan dusun ini terletak di perbatasan antara provinsi DIY dan Jawa Tengah. Dusun ini tepatnya terletak di kecamatan Prambanan. Saya yakin anda semua tahu nama kecamatan ini karena di kecamatan ini terdapat candi hindu terbesar di Indonesia yaitu candi Prambanan. Di dusun ini mayoritas penduduknya beragama Islam , sehingga nuansa Islam sangat kental apabila anda masuk ke Klurak Baru. Di dusun Klurak Baru banyak fasilitas umum yang sangat memadai. Sebagai contoh di susun ini terdapat Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah menegah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), sehingga apabila ada yang berminat untuk manempuh pendidikan di dusun ini bisa menamatkan hingga jenjang SMK. Jadi tidak perlu repot-repot untuk keluar dusun apalagi keluar kota hanya untuk sekedar mencari ilmu hingga jenjang SMK” heheheeee (kalau ada yang berminat lo”).
Menurut saya dusun klurak baru ini adalah dusun yang sangat modern. Warga dusun ini memiliki pola pikir yang maju mengikuti perkembangan zaman sehingga banyak perkembangan yang dialami oleh dusun ini. Pemuda di Klurak baru juga sangat kreatif, kekreatifan mereka dapat kita lihat apabila kita masuk ke dusun klurak baru. Banyak karya seni mereka yang bisa kita nikmati secara gratis apabila kita masuk ke dusun ini. Tapi ada satu hal yang saya sayangkan dari pola pikir warga klurak baru yang sangat maju tersebut, rata-rata dari mereka lebih menonjolkan sikap egois yang tinggi. Sebagai contoh apabila ada salah satu warga yang mempunyai suatu pendapat maka ia merasa pendapatnya adalah yang paling benar, dan pendapat itu sudah tidak bisa di ganggu gugat oleh orang lain. Sikap inilah yang sangat saya sayangkan, di atas langit masih ada langit. Harusnya warga Klurak Baru menyadari akan pepatah itu, agar dirinya tidak merasa yang paling pintar dan paling berpengaruh di dusun Klurak baru. Saya pernah berpikiran andai saja kecerdasan dan kekreatifan warga klurak baru ini bisa dipersatukkan menjadi pola pikir bersama yang pola pikir itu disepakati oleh warga klurak baru itu sendiri. Pasti dusun Klurak baru akan menjadi dusun yang semakin maju, dan yang paling penting dusun ini akan menjadi dusun yang tentram, aman, dan nyaman untuk ditinggali sehingga tidak ada lagi konflik internal yang terjadi di dusun Klurak Baru. Mungkin hanya ini saja yang bisa saya ungkapkan tentang gambaran dusun Klurak Baru yang sangat saya cintai ini, dan apabila ada warga Klurak Baru yang membaca artikel ini saya berharap agar warga klurak baru pada umumnya dan khususnya bagi saya sendiri bisa instrospeksi kepada diri kita masing-masing demi tercapainya tujuan bersama yaitu menjadikan dusun Klurak baru lebih nyaman dan tentram untuk dijadikan tempat tinggal. Trimakasih dan mohon maaf.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar